Potensi Desa Wisata Harus Terus Digali

Desa Wisata

PURBALINGGA – Berbagai potensi wisata yang ada di desa-desa wilayah Purbalingga patut dikembangkan. Keberadaan sungai-sungai dan curug serta panorama alam pegunungan serta tempat lainnya juga merupakan potensi besar yang bisa dikembangkan. Karena melalui wisata di pedesaan selain mendatangkan pemasukan bagi desa, juga dapat mengurangi angka pengangguran di desa.

“Untuk itu, desa wisata  didorong agar menumbuhkan potensi pariwisata yang ada, dengan meningkatkan potensi-potensi wisata yang ada di desa untuk dikembangkan. Sehingga dengan meningkatnya sektor wisata di desa, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran,”tutur Bupati Purbalingga di Desa Karangreja Jum’at (10/6).

Bupati menambahkan, bahwa tempat-tempat wisata yang ada di Purbalingga, potensi juga akan lebih ditingkatkan. Salah satunya, kedepan, Pemerintah Kabupaten (Pemakb) Purbalingga berencana  untuk mendongkrak penerimaan dari sektor pariwisata, pendakian Gunung Slamet dengan menambah sarana prasarana berupa  akses jalan menuju pendakian serta pengadaan kuda. Bupati berharap, dengan mempermudah akses jalan, nantinya diharapkan, pendaki yang akan naik turun gunung dapat dilakukan hanya selama satu hari saja.

Bupati juga berharap, agar pelaku wisata di desa untuk berinovasi menciptakan tujuan wisata baru. Karena di Purbalingga merupakan daerah dengan banyak sungai dan pegunungan, maka tujuan wisata dapat diciptakan melalui inovasi-inovasi baru.

“Saya berkeinginan, agar desa wisata di Purbalingga mencontoh  daerah lain, mungkin di area pegunungan seperti di lereng Gunung Slamet dapat dibuat taman bunga seperti di daerah Bandung Jawa Barat dengan dikelola oleh desa. Karena di Purbalingga kita punya gunung, maka potensi dari gunung yang ada agar dimanfaatkan, sehingga bagaimana potensi yang ada dimaksimalkan supaya  menghasilkan uang untuk pemasukan,”kata bupati.

Melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga, kata Bupati, pemkab juga terus mendorong peningkatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan memberikan stimulus berupa sarpras. Dan untuk mendukung sektor wisata di wilayah Kecamatan Karangreja pemkab akan melebarkan jalan Karangreja-Kutabawa dan Serang-Selaganggeng, agar kendaraan atau bus-bus besar dapat melewati tujuan wisata di Karangreja.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purbalingga Sigit Subroto menjelaskan, bahwa  untuk melebarkan jalur wisata di Kecamatan Karangreja, total dana yang disediakan Rp11,3 miliar, untuk pengerjaan jalan Kutabawa-Karangreja ada dua paket serta Kutabawa-Selaganggeng satu paket.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *